Apa itu SSD Laptop, Fungsi Serta Keunggulan dari SSD

Apa itu SSD Laptop

Apa itu SSD? SSD adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan file atau data pengganti HDD yang memiliki keunggulan yang lebih jika dibandingkan dengan HDD. Proses dari SSD ini lebih cepat serta memiliki kinerja yang tinggi dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Solid state drive atau yang dikenal sebagai SSD bukan hanya bisa digunakan di PC melainkan sekarang ini sudah banyak laptop ataupun ultrabook yang sudah menggunakan SSD sebagai alat untuk menyimpan data. Memang proses kinerja yang dilakukan SSD ini sangat terasa oleh pengguna ketimbang dengan HDD.

Apa itu SSD?

SSD memiliki singkatan Solid State Drive atau Disk adalah sebuah perangkat untuk menyimpan data yang menggunakan IC sebagai memori dan digunakan untuk menyimpan informasi. SSD memiliki fungsi yang sama dengan HDD serta USB Flash Disk dengan kapasitas yang jauh lebih besar serta memiliki proses pengiriman data yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD dan USB Flash Disk ini.

SSD tidak memiliki suata alat yang bergerak didalamnya sama halnya dengan USB Flash Disk, semua data akan tersimpan didalam microchips. Berbeda dengan Hardisk yang memiliki komponen yang bergerak untuk menulis dan membaca data diatas piringan magentik. Dengan begitu ini membuat kecepatan dari HDD kalah jauh dengan kecepatan SDD, selain itu SDD lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan daya yang besar sewaktu berkerja berbeda dengan HDD yang jauh lebih besar 2x lipat dibandingkan dengan SDD.

Perbedaan HDD vs SDD

Komponen SSD

Pada umumnya SSD menggunakan flash memori NAND yang merupakan jenis memori non-volatile. Non-volatile adalah memori yang tetap bisa menyimpan data walaupun tegangan dayanya dimatikan. Ini adalah prinsip dasar dari sebuah memori mirip dengan USB Flash Drive.

Banyak yang meragukan ketahanan data yang tersimpan didalam memory ini, banyak yang beranggapan bahwa data akan lenyap dalam beberapa tahun pemakaian saja padahal aslinya data bisa dengan aman tersimpan hingga 200 tahun kedepan.

Kesimpulan dari artikel diatas adalah jika anda jika memang anda bisa mengeluarkan biaya yang lebih untuk laptop serta PC anda sebaiknya gunakanlah SSD dibandingkan dengan HDD, Berdasarkan pengalaman admin. Memang performa yang diberikan oleh SDD sangat jauh berbeda dibandingkan dengan HDD.

Buat kalian yang menggunakan SSD di Laptop ataupun di PC saat sedang melakukan proses reboot komputer, dengan menggunakan SSD kalian tidak usah menunggu lama cukup hitung sampai 10 detik maka PC ataupun laptop anda siap untuk digunakan. Ini jauh berbeda dengan HDD yang proses kinerjanya jauh lebih lama dibandingkan dengan SSD

Setelah itu SSD dalam melakukan File transfer data ataupun membuka suatu aplikasi atau game jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD yang lebih lama. Kelemahan dalam SSD adalah harga yang masih dibilang mahal. Karena dengan 500 ribu kalian baru bisa membawa pulang SSD dengan kapasitas 256GB sedangkan untuk HDD dengan 300 ribu rupiah kalian sudah bisa membawa pulang HDD dengan kapasitas 500GB.

Jika kalian termasuk tipe yang ingin cepat maka pilihlah SSD untuk laptop dan PC anda. Jadi berikut penjelasan mengenai apa itu SSD laptop semoga dengan penjelasan dari kami bisa bermanfaat buat anda semua. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat