Perbandingan Aplikasi Gojek Vs Grab Mana Yang Lebih Bagus

Gojek vs Grab

Perkembangan dunia digital yang hadir di tengah – tengah kita membawa beragam perubahan dan dampak bagi kehidupan manusia, salah satunya terhadap pola pemesanan transportasi. Jika dulu banyak orang mencari transportasi secara manual, sekarang sistem online melalui gojek vs grab dijadikan pilihan.

Ya, ada banyak sistem transportasi online yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pemesanan transportasi salah satunya melalui gojek atau pun grab. Kedua sistem transportasi online ini bukan musuh bebuyutan akan tetapi banyak orang memperbandingkannya mulai dari fitur sampai dengan layanan yang diberikan. Seperti apa perbandingan antara aplikasi Gojek vs Grab? Di sini kami berikan ulasannya untuk Anda!

Perbandingan Aplikasi Gojek Vs Grab

Sistem aplikasi Gojek vs Grab

Aplikasi Gojek

Sistem aplikasi menjadi alasan mengapa seseorang bisa nyaman menggunakan suatu aplikasi atau tidak. Semakin update dan hadir dengan sistem yang mudah digunakan, semakin nyaman juga seseorang berselancar melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi Grab

Berbicara soal sistem aplikasi pada Gojek atau Grab, sistem pada Gojek jauh lebih update dibandingkan sistem pada Grab. Hal ini karena para developer aplikasi Gojek memang berupaya lebih terdepan untuk membuat sistemnya selalu diperbarui mengikuti kebutuhan masyarakat. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan setiap pelanggan dalam melakukan pemesanan terhadap beragam layanan yang diberikan.

Jenis layanan yang dimiliki

Layanan Aplikasi Grab

Layanan Gojek lebih lengkap jika dibandingkan dengan Grab, akan tetapi Grab juga memiliki beberapa layanan dan fasilitas yang kualitasnya bagus. Layanan utama pada Grab merupakan suatu layanan yang dihadirkan untuk memberikan kemudahan terhadap pengguna dalam melakukan beragam aktivitas dan baru-baru ini Grab berkolaborasi dengan Good Doctor.

Layanan yang dihadirkan oleh Grab  secara garis besar terbagi ke dalam empat fasilitas utama yaitu Grab Bike, Grab Taxi, Grab Hitch nebeng car dan nebeng bike. Sementara layanan yang dihadirkan Gojek lebih terperinci di antaranya terdiri atas layanan Go Ride, Go Car, Go Food, Go Send, Go Pulsa, Go Shop, Go Mart, Go Tix, Go Bluebird, Go Clean, Go Med, Go Busway, Go Glam, Go Auto dan Go Pay. Semua layanan tersebut merupakan layanan yang dapat menjawab semua kebutuhan pengguna Gojek secara lengkap.

Layanan Aplikasi Gojek

Aplikasi Gojek Vs Grab Mana yang lebih baik?

Keduanya sama – sama baik dan bisa menjadi pilihan akan tetapi jika memang Anda mencari sebuah jasa transportasi online dengan layanan yang jauh lebih lengkap, maka Gojek adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Fitur Gojek

Pada aplikasi Gojek, Anda akan menemukan empat buah menu utama yang terdiri atas menu Home, History, Help dan My Account. Rinciannya sebagai berikut :

  • Pada menu Home di aplikasi Gojek, Anda bisa memilih jenis layanan yang terdapat didalamnya dan sekaligus langsung menunjukkan saldo Go Pay dan Go Points Anda.
  • Pada menu History, terdapat dua buah fitur yang terdiri atas fitur in progress dan completed. Fitur in progress merupakan fitur layanan Gojek yang menandakan bahwa pesanan masih diproses sementara fitur completed artinya bahwa pesanan telah diselesaikan.
  • Menu Help berisi informasi tentang segala jenis layanan yang terdapat pada aplikasi Gojek
  • Menu My Account merupakan layanan yang berisi informasi tentang akun Gojek yang Anda miliki

Fitur Grab

  • OVO atau Cash sebagai fitur pembayaran Grab
  • History merupakan fitur yang menampilkan riwayat pesanan pengguna aplikasi Grab
  • Bookingmerupakan fitur yang digunakan untuk memesan Grab Bike, Grab Car atau berbagai layanan Grab lainnya
  • Grab Points merupakan fitur untuk mendapatkan point yang nantinya bisa ditukarkan dengan layanan Grab yang dapat Anda manfaatkan

Tarif perjalanan yang dibebankan

Jika dibandingkan dengan Grab, tarif Gojek jauh lebih murah. Pada setiap perjalanan di bawah 6 km, penumpang hanya perlu membayar ongkos sejumlah 10 ribu rupiah saja. Sementara untuk Grab menetapkan tarif yang sedikit lebih mahal yaitu untuk setiap perjalanan di bawah 5 km ditetapkan tarif 12 ribu rupiah. Namun meski ada perbedaan, rentang harga keduanya tidak jauh berbeda.

Beragam diskon dan promo yang dihadirkan

Kini baik Gojek atau Grab sama – sama menghadirkan beragam diskon dan promo menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Semua ini dilakukan demi memberikan kenyamanan dan mendapatkan loyalitas pengguna setia mereka.

Mulai dari promo voucher jasa sampai dengan promo potongan sampai 50% dihadirkan untuk merebut hati pelanggan. Bagi Anda pengguna setia Gojek atau Grab, pantau terus beragam promo dan diskon menarik yang ditawarkan.

Fitur pembayaran Gojek vs Grab

Baik Grab atau pun Gojek sama – sama menggandeng berbagai bank besar untuk memudahkan pengguna mengisi saldo dompet atau saku elektronik mereka. Bank besar seperti Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank CIMB Niaga, Bank Permata, dan jaringan ATM Bersama atau ATM Prima digandeng mereka.

Untuk pengisian saldo dompet elektronik, Grab sedikit lebih unggul dari Gojek karena sudah berhasil menggandeng fintech startup Doku Wallet yang kini telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dan juga OVO. Sementara pada opsi pembayaran offline, Grab mengandalkan jaringan Alfamart, Dan+Dan serta Lawson. Untuk Gojek sendiri, mereka sudah memiliki dompet sendiri yang diberi nama GoPay. Batas nominal GoPay up to 2 juta rupiah.

Pindah dari kanal pengisian saldo, diskon yang diiming – imingkan oleh Grab dan Gojek memang sangat besar. Kini Gojek telah mematok diskon mulai dari 25% sampai dengan 50%. Sementara untuk layanan pesan antar makanan, Gojek memberikan subsidi tambahan dimana pelanggan bisa mendapatkan gratis ongkos kirim dengan menggunakan GoPay. Hanya saja gratis ongkos tersebut hanya berlaku pada sejumlah makanan yang bekerjasama dengan GoFood. Jadi untuk makanan yang belum bekerjasama dengan GoFood, gratis ongkos tersebut tidak bisa digunakan tentunya.

Sementara Grab belum terlalu banyak memberikan subsidi bagi konsumen mereka. Akan tetapi sebaliknya, Grab menawarkan diskon bagi mitra pengemudi. Beberapa diskon bagi mitra pengemudi yang sudah disediakan oleh Grab di antaranya seperti subsidi bahan bakar, makanan dan pemeriksaan kesehatan bagi mereka yang memiliki performa kurang baik.

Cara ini dilakukan oleh Grab untuk mendorong terjadinya transaksi non tunai yang lebih besar dikalangan pengemudi yang umumnya lebih suka membayar dengan uang tunai sehingga transaksi non tunai Grab bisa lebih baik ke depannya.

Aplikasi Gojek vs Grab
Source: Seluler.ID

Namun overall tentu baik Gojek atau Grab sama – sama punya kelebihan dan fitur serta layanan terbaik yang dihadirkan. Pengguna hanya tinggal mencari tahu saja mana di antara kedua aplikasi tersebut yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda punya.

Lantas dari perbedaan di atas, mana aplikasi transportasi online favorit Anda? Apakah Gojek atau Grab? Apapun aplikasi transportasi online favorit Anda pastikan agar Anda memanfaatkan dengan sebaik mungkin dan nikmati beragam promo yang dberikan.