Cara Mematikan Laptop Paling Tepat, 100% Aman!

Cara Mematikan Laptop Dengan Tepat
Cara Mematikan Laptop Dengan Tepat

Setelah laptop digunakan untuk menunjang aktivitas harian baik untuk mengerjakan atau menyelesaikan tugas sampai dengan nonton film atau ngegame, aktivitas yang tentunya perlu Anda lakukan adalah mematikan laptop tersebut. Selain cara mematikan laptop dengan menekan tombol start kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol shut down, terdapat cara lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mematikan laptop.

Seperti apa cara mematikan laptop yang tepat Anda lakukan? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan untuk Anda informasi selengkapnya tentang cara mematikan laptop paling tepat dan 100% ampuh Anda terapkan. So, informasi selengkapnya let’s check these out!

Cara Mematikan Laptop Paling Tepat

Cara biasa, klik kanan pada tombol start

Cara Mematikan Laptop

Tak hanya bisa digunakan dengan klik kiri, tombol start pada laptop Anda juga dapat memunculkan menu ketika Anda klik kanan pada mouse. Langkah – langkahnya untuk mematikan laptop dengan metode ini, cari menu ‘Shut down or sign out’ yang terdapat di posisi kedua paling bawah.

Menu ini merupakan menu yang akan menunjukkan berbagai macam pilihan seperti pilihan Restart, Sleep, Shut down, dan Sign Out. Kemudian klik Shut Down pada laptop dan nantinya laptop Anda akan mati dengan sendirinya.

Cara Mematikan Laptop Dengan Command Prompt

Command prompt merupakan bagian pada komputer yang dapat menerima dan menjalankan suatu perintah yang dimasukkan dalam bentuk tulisan. Untuk memanfaatkan perintah Command Prompt dalam mematikan laptop, prosedurnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama, cari Command Prompt dengan mengetikkan namanya pada bagian kolom pencarian di Start
  • Jika Anda sudah menemukannya, tekan tombol enter pada keyboard Anda. Anda juga bisa memanfaatkan kombinasi tombol pada keyboard yaitu Windows + R untuk menekan enter.
  • Selanjutnya akan muncul kolom penelusuran dan tinggal Anda ketikkan saja ‘cmd’ dan setelah itu klik tombol Ok.

Untuk mematikan laptop dengan perintah Command Prompt pada laptop Anda, terdapat beberapa trik yang bisa Anda coba, di antaranya :

Trik pertama – buat perintah agar komputer mati cepat

shutdown laptop
Langkah – langkahnya yaitu ketikkan perintah ‘shutdown-s’ pada Command Prompt dan kemudian tekan tombol Enter. Tunggu kotak dialog yang didalamnya berisi bahwa ‘Windows akan dimatikan dalam kurun waktu kurang dari 1 menit’. Selanjutnya Anda langsung klik close. Perintah ‘-s’ yang sebelumnya Anda masukkan sebenarnya berfungsi untuk mempercepat proses komputer atau laptop dalam mematikan komputer.

Trik kedua – hitung mundur sebelum komputer mati

Matikan Laptop Dengan Prompt
Trik berikutnya adalah dengan menghitung mundur. Caranya yaitu dengan mengetik ‘shutdown-s-t-300’ pada kolom Command Prompt. Kata tambahan ‘-t’ pada perintah Command Prompt yang ditambahkan setelah huruf ‘-s’ bertujuan untuk menyetel waktu dalam bentuk detik yaitu 300 detik yang artinya laptop akan mati dengan menghitung mundur selama 5 menit sesuai perintah.

Trik ketiga – memunculkan pesan ketika komputer dalam kondisi mati

Matikan Laptop
Trik ketiga adalah memberikan perintah pada laptop atau komputer. Caranya ketik perintah shutdown-s-t300-c “isi pesan”. Jangan lupa tanda petik sebelum dan setelah isi pesan seperti formula Anda sertakan.

Sebagai contoh Anda bisa ketik pesan ‘Hore, Aku bisa mematikan laptop dengan CMD’ kemudian tekan tombol enter, maka pesan Anda tersebut akan ditampilkan sebelum laptop Anda dalam kondisi mati. Jika perintah yang sudah Anda tuliskan pada kotak perintah Command Prompt ingin Anda batalkan, caranya juga cukup mudah.

Untuk membatalkan perintah, cara yang bisa Anda lakukan adalah sebelum laptop dimatikan, ketik ‘shutdown-a’ agar perintah yang telah dijadwalkan tadi terhenti seketika. Kemudian tekan tombol enter pada bagian keyboard Anda. Lakukan pengecekan di bagian pojok kanan bawah layar laptop dan Anda akan sesegera mungkin menemukan kotak dialog yang bertuliskan ‘Log off is cancelled’

Membuat shortcut Untuk Mematikan Laptop

Cara membuat shortcut baru untuk mematikan laptop juga sangatlah mudah. Caranya dengan Anda klik kanan pada perangkat mouse laptop yang terdapat di bagian layar desktop. Kemudian masukkan ‘shutdown.exe-s-t 00” pada kolom yang muncul.
Setelah itu baru Anda klik Next sampai dengan prosedurnya berakhir dan selesai. Pintasan shut down buatan Anda akan segera secara langsung muncul di bagian layar desktop laptop Anda ketika laptop akan Anda matikan.

Gunakan kombinasi 3 tombol

Matikan Laptop Dengan ALT + F4

Terdapat dua trik mematikan laptop dengan keyboard yang dapat Anda manfaatkan. Trik pertama dengan menggunakan kombinasi tombol alt + F4 ketika berada di desktop. Pastikan agar Anda menekan kombinasi tombol ini ketika aplikasi masih dalam kondisi terbuka karena justru akan menutup aplikasi tersebut.

Setelah itu baru Anda klik tombol U atau klik tombol OK supaya proses shutdownnya dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. Jika tidak berhasil mencoba trik pertama, trik kedua bisa Anda coba. Trik kedua yaitu gunakan kombinasi tombol windows + U + U. Laptop akan sesegera mungkin mati dalam waktu singkat. Jangan lupa untuk menutup semua aplikasi sebelum proses shutdown berjalan karena jika ada aplikasi yang belum tertutup, maka aplikasi yang masih berjalan di latar belakang laptop akan menghambat proses shutdown sehingga prosesnya cukup lama alias lemot.

Mengatur ulang tombol power pada laptop

Cara terakhir sebaiknya Anda lakukan ketika dalam kondisi darurat saja karena jika terlalu sering digunakan dapat berakibat buruk pada kinerja laptop Anda. Tombol power bisa Anda tekan untuk menghidupkan laptop atau disetel sebagai perintah shutdown.

Caranya dengan Anda buka pengaturan atau settings, kemudian pilih control panel dan klik hardware & sound. Pada menu Power Option, Anda bisa mengubah setelan tombol powernya dari sleep ke shutdown. Ketuk perintah tersebut pada option, jika memang ingin mematikan maka klik shutdown saja dan setelah itu tak lama kemudian laptop Anda akan segera mati.

Dengan mematikan laptop sesuai prosedur yang tepat, tentu nantinya akan ada banyak manfaat yang dapat Anda temukan. Adapun beberapa manfaatnya terdiri atas :

  • Menghindari atau meminimalisir terjadinya kerusakan sistem pada laptop karena prosedur aktivasi dan mematikan yang dilakukan sudah tepat
  • Sistem tidak akan mudah mengalami masalah karena tidak terlalu lama hidup. Untuk mengantisipasi beragam masalah kerusakan sistem, Anda bisa melakukan shut down secara rutin kurang dari 8 jam laptop Anda dihidupkan. Setelah digunakan 8 jam lebih, Anda bisa mematikan laptop kurang lebih selama 15 – 30 menit baru bisa Anda hidupkan kembali.
  • Baterai lebih awet dan tahan lama jika Anda mematikan dengan cara dan metode yang tepat
  • Mencegah kerusakan pada fan atau kipas laptop dan mencegah terjadinya polusi suara akibat kerusakan kipas laptop tersebut.

Itulah beberapa metode dan cara mematikan laptop yang tepat Anda lakukan. Untuk mencegah kerusakan dan agar umur laptop Anda semakin panjang, metode dan cara mematikan laptop di atas perlu Anda terapkan.