Inilah Beberapa Cara Screenshot Di Laptop yang Bisa Dilakukan

Cara Screenshot Di Laptop

Inilah Beberapa Cara Screenshot Di Laptop yang Bisa Dilakukan. Kadang, mengambil screenshot merupakan sesuatu yang penting. Biasanya hal ini dilakukan untuk mengirim contoh file, memperlihatkan sesuatu yang tidak bisa dikirim dan lain sebagainya. Bahkan, screenshot juga dilakukan untuk menangkap beberapa informasi penting yang nantinya akan sangat berguna.

Biasanya, orang-orang melakukan screenshot menggunakan ponsel pintar. Di mana, setiap merk ponsel tentu saja memiliki cara screenshot yang berbeda. Meskipun demikian, tentu saja kadang sebagian orang lagi kesusahan ketika akan mengirimkan screenshot ke laptop atau PC. Kadang ada banyak orang yang bekerja menggunakan laptop, dan dalam keadaan tertentu harus melakukan screenshot. Bisa saja melakukan screenshot dengan ponsel pintar, lalu mengirimkannya ke laptop, tapi cara ini dianggap tidak fleksibel dan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Oleh sebab itu, tidak heran jika mulai banyak orang yang mencari tahu cara screenshot di laptop. Di mana, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan menjadi pilihan. Penasaran apa saja cara tersebut? Berikut pembahasan singkatnya.

Beberapa Cara Screenshot Di Laptop yang Bisa Dilakukan

Melakukan Screenshot Menggunakan Tombol PrtSc

Melakukan Screenshot Menggunakan Tombol PrtSc

Nampaknya cara ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Di mana, caranya sangatlah mudah, karena hanya perlu menekan tombol PrtSc. Biasanya, tombol ini terletak di bagian paling atas keyboard. Biasanya, setelah menekan tombol ini, maka kamu bisa langsung melakukan paste, baik itu di whatsapp web atau di word. Kamu pun sudah bisa melakukan screenshot di laptop menggunakan tombol ini.

PrtSc merupakan kepanjangan dari Print Screen. Di mana, memang fungsi dari tombolnya adalah untuk mengambil tangkapan layar. Jika sudah melakukan paste, kamu hanya perlu menyimpan gambar tersebut. Nah, cara screenshot di laptop satu ini memang sangat mudah dan bisa langsung dipraktikkan.

Menggunakan Tombol Windows Key Dengan PrtSc

Menggunakan Tombol Windows Key Dengan PrtSc

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan tombol windows key berbarengan dengan PrtSc. Namun, ketika menggunakan cara ini, kamu tidak perlu kaget jika layar laptop akan meredup sebentar. Hal ini menandakan bahwa kamu sudah melakukan tangkapan layar. Biasanya, tangkapan layar ini akan tersimpan pada folder gambar – tangkapan layar. Kamu bisa langsung mengeceknya jika sudah berhasil.

Menggunakan Tombol Alt dengan PrtSc

Menggunakan Tombol Alt dengan PrtSc

Cara screenshot di laptop yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol alt dan PrtSc. Namun yang perlu diingat adalah bahwa memang kedua tombol in harus ditekan berbarengan. Jika beda sedetik saja, maka proses tangkapan layar tidak akan berhasil. Sama seperti menggunakan tombol PrtSc saja, ketika menggunakan cara ini, maka kamu harus melakukan paste untuk menyimpan tangkapan layarnya. Jika memang dibutuhkan dalam bentuk .jpg, maka bisa melakukan paste di aplikasi paint.

Menggunakan Tombol Berlogo Windows Dengan Volume Turun

Menggunakan Tombol Berlogo Windows Dengan Volume Turun

Selanjutnya, ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan tombol berlogo windows dan volume turun. Hal ini ternyata berlaku untuk pengguna Microsoft Surface. Cara yang satu ini dianggap mirip dengan melakukan screenshot di ponsel pintar. Kamu hanya perlu menekan tombol berlogo windows, kemudian tombol volume turun. Nantinya, layar akan meredup sebentar, dan artinya kamu sudah melakukan tangkapan layar.

Ketika menggunakan cara screenshot di laptop satu ini, maka tangkapan layar yang dilakukan akan otomatis tersimpan. Biasanya, file-nya bisa ditemukan di folder gambar – tangkapan layar. Jika kamu ingin mengganti namanya, maka bisa langsung diganti dengan menekan tombol kanan.

Menggunakan Tombol Windows Key Dengan Shift dan S

Menggunakan Tombol Windows Key Dengan Shift dan S

Cara lain yang bisa dilakukan untuk screenshot di laptop adalah dengan menggunakan tombol windows key, shift dan S. Nantinya, layar akan meredup dan penunjuk mouse laptop pun akan berubah. Nah, kamu hanya perlu menarik kursor ke arah gambar yang akan diambil. Nantinya, tangkapan layar yang berhasil dilakukan bisa langsung disalin pada media yang diinginkan. Namun ternyata cara ini hanya bisa dilakukan pada laptop yang sudah menggunakan sistem operasi windows 10 terbaru.

Cara Screenshot Di Laptop Menggunakan Game Bar

Cara Screenshot Di Laptop Menggunakan Game Bar

Kemudian, cara screenshot di laptop yang selanjutnya adalah dengan menggunakan game bar. Untuk melakukannya kamu hanya perlu menekan tombol windows berbarengan dengan huruf G. Nantinya, akan muncul game bar dan kamu bisa mengklik tombol screenshot di dalam game bar. Kamu juga bisa menggunakan pintasan keyboard default dengan menekan tombol windows, alt dan PrtSc untuk bisa melakukan tangkapan layar penuh.

Cara Screenshot Di Laptop Menggunakan Snipping Tool

Cara Screenshot Di Laptop Menggunakan Snipping Tool

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan snipping tool. Untuk menggunakan cara ini, maka kamu bisa membuka aplikasi bawaan windows bernama snipping tool. Ketika sudah terbuka, kamu hanya perlu mengklik tombol new, untuk bisa memulai proses screenshot. Di sini, ada beberapa jenis snip yang bisa digunakan. Seperti misalnya snip default yang merupakan snip persegi panjang. Snipping tool sendiri tidak bisa menyimpan screenshot secara otomatis. Perlu dilakukan salin terlebih dahulu di media yang diinginkan.

Cara Screenshot Di Laptop Menggunakan Aplikasi

Cara Screenshot Di Laptop Menggunakan Aplikasi

Cara screenshot di laptop yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi. Ternyata, ada beberapa aplikasi yang bisa dipilih untuk melakukan tangkapan layar ini. Aplikasi pertama yang bisa membantumu untuk melakukan tangkapan layar adalah greenshot. Aplikasi open source ini tersedia untuk Microsoft windows dan macOS. Aplikasi yang satu ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang tentu saja berfungsi untuk melakukan tangkapan layar.

Di sini, kamu bisa menangkap halaman web secara scrolling, bisa juga membuat anotasi dan tersdia fitur ekspor. Tentunya, masih banyak fitur lain yang bisa ditemukan dalam aplikasi ini. Game yang telah dirilis pada tahun 2007 ini sudah memiliki dukungan 30 bahasa, termasuk di dalamnya adalah bahasa Indonesia.

Untuk Cara Screenshot di laptop menggunakan aplikasi, kamu juga bisa memilih menggunakan aplikasi PicPick. Aplikasi yang satu ini ternyata bersifat premium. Sehingga, jika kamu ingin menggunakan fitur lanjutan, maka akan dikenakan biaya. Aplikasi yang berukuran 15 MB ini memiliki banyak fitur, mulai dari fitur menyisipkan teks, menambahkan tanda, menerapkan efek dan lain sebagainya. Menariknya, aplikasi ini juga sudah didukung oleh 40 bahasa.

Terakhir, ada aplikasi snagit yang bisa membantumu melakukan tangkapan layar di laptop. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar yang memang ditunjukkan untuk para professional. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini sangatlah menarik. Bahkan, terdapat fitur utama berupa template yang nantinya bisa digunakan untuk dokumentasi tutorial, visual, sampai dengan materi pelatihan hasil screenshot. Di sini juga kamu bisa membuat GIF yang berasal dari tangkapan layar yang dilakukan.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara screenshot di laptop yang bisa kamu lakukan. Beberapa cara di atas tentu saja sangat mudah untuk dilakukan. Selain bisa langsung menggunakan tombol di keyboard, ternyata tangkapan layar juga bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi.