Cara Screenshot Layar Panjang di Android dan iPhone

Cara Screenshot Layar Panjang

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot layar panjang di perangkat smartphone android atau ios. Misalnya saja melalui fitur bawaan untuk perangkat tertentu, atau bahkan memerlukan aplikasi tambahan untuk perangkat yang tidak didukung oleh fitur bawaan. Meskipun begitu, hampir semua tipe smartphone dengan sistem operasi android maupun ios dapat melakukan tangkapan layar penuh dengan beragam metode.

Cara Screenshot Layar Panjang Di Android

Beruntunglah apabila perangkat kamu sudah memiliki fitur bawaan untuk dapat melakukan scroll capture atau screenshot layar panjang. Sebab kamu dapat melakukan screenshot penuh layar tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Beberapa smartphone android yang sudah memiliki fitur bawaan scroll capture seperti Samsung Galaxy S8, Galaxy S10, Huawei Mate 20, Oppo Reno 4, A3s, dan Beberapa tipe smartphone android lainnya. Untuk tipe smartphone yang sudah memiliki fitur bawaan scroll screenshot, hanya perlu menekan langsung tombol fisik secara bersamaan.

Lain halnya jika smartphone kamu tidak mendukung untuk melakukan scroll atau long screenshot secara bawaan. Maka kamu perlu menggunakan beberapa langkah berbeda, misalnya dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan screenshot panjang salah satunya yakni LongShot for long Screenshot.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di google play store, sehingga kamu bisa langsung mengunduhnya dari smartphone android kamu melalui tautan dibawah ini:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.leavjenn.longshot&hl=en&gl=US

Aplikasi ini memiliki tampilan dan desain yang sederhana sehingga pengguna aplikasi bisa lebih mudah untuk menggunakannya. Bahkan termasuk pembaharuan yang masih rutin tersedia secara berkala. Penggunaan aplikasi tidak membutuhkan rooting sama sekali, sehingga kamu bisa langsung menggunakannya.

Setelah kamu menginstall aplikasi tersebut, kemudian Jalankan Aplikasi LongShot tersebut dari daftar aplikasi kamu. Pada jendela utama, Terdapat tiga pilihan yang dapat kamu gunakan yakni Capture Screenshot, Capture Web page, dan Select Images.

  1. Capture Screenshot untuk melakukan screenshot layar panjang ketika kamu ingin melakukan screenshot di jendela aplikasi lain.
  2. Capture Web Page untuk melakukan screenshot layar panjang pada situs atau halaman website.
  3. Select Image untuk memilih beberapa gambar yang sudah kamu ambil sebelumnya.

Nah dalam hal ini ketika kamu ingin melakukan screenshot panjang di aplikasi lainnya yang kamu install di smartphone kamu. Maka kamu perlu centang pilihan “Auto Scroll” di bagian menu Capture Screenshot.
Aplikasi Screenshot Longshot

Selanjutnya ketuk pilihan “Capture Screenshot” hingga beberapa saat kamu akan melihat tombol mengambang berwarna hijau yang muncul di layar kamu. Tombol Hijau mengambang ini kamu gunakan ketika hendak melakukan screenshot.

Caranya alihkan ke jendela halaman aplikasi yang ingin kamu screenshot, kemudian ketuk tombol “Start” pada tombol hijau mengambang tersebut. Lalu gulir/scroll layar aplikasi kamu perlahan sampai bawah.

Aplikasi longshot akan mengambil tangkapan layar kamu secara memanjang dengan otomatis ketika kamu melakukan scroll. Maka pastikan kamu melakukan scroll secara perlahan agar tangkapan gambar dapat presisi dengan jelas.

Setelah dirasa cukup, ketuk tombol “Done”. Maka kamu akan melihat beberapa daftar tangkapan layar yang telah kamu ambil disaat menggulirkan layar. Ketuk tombol “Join” untuk menggabungkan semua hasil tangkapan layar kamu menjadi tangkapan layar panjang.

Pastikan hasil tangkapan layar kamu sudah sesuai dengan meninjau ulang hasil gambar kamu. Hingga ketika dirasa cukup, kamu bisa menyimpannya langsung di folder LongShot dengan format gambar.

Cara Screenshot Halaman Situs Website Melalui Aplikasi LongShot

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi ini memiliki tiga pilihan berbeda yang dapat gunakan. Salah satunya memungkinkan kamu untuk mengambil tangkapan layar panjang pada halaman website atau situs tertentu di browser.

Untuk melakukan tangkapan layar di website kamu hanya perlu mengetuk pilihan “Capture Web Page” pada menu kedua yang tersedia di halaman utama aplikasi longshot. Beberapa saat kamu akan melihat jendela baru yang berada di atas layar aplikasi beserta kolom url.

Nah kamu hanya perlu memasukan alamat situs website yang ingin kamu screenshot pada kolom url/link yang muncul diatas layar kamu. Aplikasi ini dapat mengambil tangkapan layar di hampir semua halaman situs di internet. Sehingga kamu hanya perlu memastikan bahwa link atau url yang kamu masukan sudah sesuai dengan benar.

Cara Screenshot Layar Panjang Di iPhone

Sebuah kabar menyenangkan untuk para pengguna iPhone ketika Apple telah mengumumkan secara resmi bahwa pengguna dengan iOS 13 ke atas kini dapat melakukan sceenshot full page atau layar panjang. Hanya saja fitur full page screen ini tidak dapat digunakan untuk semua aplikasi. Fitur full page screenshot ini hanya berlaku untuk aplikasi safari browser atau untuk web page yang sedang kamu akses.

Cara Screenhot Full Page Safari Browser Web Page

Penggunaan fitur full page screenshot ini bisa kamu gunakan tanpa harus menggunakan aplikasi ketiga, sehingga yang perlu kamu lakukan pertama adalah membuka aplikasi Safari Browser di iPhone atau iPad kamu. Kemudian akses halaman situs atau website yang ingin kamu screenshot panjang.

Kemudian lakukan screenshot seperti biasa dengan menekan tombol fisik bersamaan untuk menjalankan sesuai dengan tombol perintah screenshot di smartphone kamu. Caranya dengan menekan tombol Fisik “Power” + “Home Button” secara bersamaan untuk perangkat iPhone 6, 6S, 7, 7+, 8, 8+, dan SE. Sedangkan untuk perangkat iPhone X, XR, XS, 11, dan 12, tekan tombol fisik “Powers” + “Volume UP” secara bersamaan dengan sekali tekan.

Saat menu preview muncul dibagian bawah layar kamu, ketuk jendela preview tersebut. Kemudian ketuk menu pilihan “Full Page”. Dari jendela ini kamu akan melihat hasil tangkapan layar penuh secara bergulir.
Cara Screenshot Layar Panjang iOS

Hasil tangkapan layar Full Page Screenshot ini tidak dalam berupa format gambar, namun dengan berupa format file PDF. Sehingga ini lebih memungkinkan untuk support dihampir semua perangkat smartphone. Untuk mulai menyimpan hasil tangkapan layar tersebut, ketuk “Done” di pojok kiri atas layar iphone kamu. Kemudian ketuk “Save PDF to Files”. Maka file tersebut akan disimpan didalam folder aplikasi Files di iphone kamu.

Cara Full Page Sroll Screnshoot Dalam Aplikasi iPhone

Melihat bahwa fitur full page screenshot belum tersedia untuk semua aplikasi. Dimana fitur itu hanya dapat dijalankan pada aplikasi Safari Browser saja. Maka tentu kamu harus menggunakan langkah yang berbeda untuk dapat mengambil tangkapan layar dalam aplikasi lainnya.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan disebut dengan Tailor – Screenshot Stitching. Seperti nama aplikasinya, fungsi dari aplikasi ini akan menjahit satu persatu hasil tangkapan layar kamu sehingga menyatu memanjang dari atas kebawah secara otomatis.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Apple App Store sehingga kamu bisa mengunduhnya langsung dari perangkat ios kamu melalui tautan dibawah ini:

https://apps.apple.com/us/app/tailor-screenshot-stitching/id926653095

Aplikasi ini cukup ringkas untuk digunakan, sebab semua hasil tangkapan layar yang kamu ambil secara berututan akan langsung tampil dihalaman utama aplikasi. Cara penggunaanya-pun cukup mudah. Pertama, kamu perlu mengakses salah satu tampilan aplikasi yang ingin kamu screenshot panjang.

Kemudian lakukan screenshot beberapa kali (satu per-satu) secara bergilir dari atas sampai kebawah layar kebawah.

Aplikasi Tailor iOS

Setelah mengambil beberapa tangkapan layar dalam aplikasi, akses aplikasi Tailor. Ketika pertama kali mengakses aplikasi Tailor, kamu perlu memberikan akses agar aplikasi dapat membaca beberapa daftar gambar di iPhone kamu. Maka ketuk “Allow Access to All Photos”. Selanjutnya dihalaman depan kamu akan melihat beberapa daftar gambar yang dapat digabungkan.

Aplikasi Tailor

Prosesnya otomatis, sehingga kamu hanya perlu mengetuk salah satu daftar tersebut. Kemudian ketuk tombol “Share” lalu pilih “Save Images” untuk mulai menyimpannya di perangkat iPhone kamu. 

Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi dapat menjahit beberapa gambar ketika memiliki benang merah atau sambungan dari gambar. Maka pastikan kamu mengambil gambar secara berurut namun masih memiliki bagian dari gambar sebelumnya. Apabila gambar tidak dapat digabungkan maka akan menampilkan notice bertuliskan Not Enough Overlap.