Ciri-Ciri Hardisk Laptop Rusak dan Cara Memperbaikinya

Hardisk Laptop Rusak

Laptop anda tidak berjalan seperti biasanya? mungkin itu ciri-ciri hardisk laptop rusak. Yuk kenali tanda-tanda hardisk rusak pada laptop pada artikel dibawah ini berserta cara memperbaikinya.

Hardisk merupakan sebuah komponen yang penting dalam sebuah perangkat PC ataupun laptop, karena komponen ini memiliki fungsi untuk menyimpan semua data yang kita simpan dalam komputer kita. Oleh karena itu kalian harus rajin dalam melakukan backup file yang penting apabila suatu saat hardisk anda rusak secara tiba-tiba, dengan melakukan backup file secara berkala ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila hardisk pada pc dan laptop anda mengalami kerusakan.

Oleh karena itu kita akan membahas mengenai ciri-ciri hardisk laptop rusak dan juga komputer, keuntungan yang anda dapatkan dengan mengetahui informasi ini adalah kalian bisa lebih cepat tanggap dan segera untuk melakukan backup file agar tidak kehilangan data-data penting pada hardisk tersebut.

Biasanya hardisk rusak bukan hanya karena fisik, melainkan rusak karena sistem operasi windows yang mengalami error dalam sebuah hardisk. Untuk rusak melalui fisik bisa dikenali dengan kabel yang jelas atau pemasangan hardisk pada laptop yang longgar ataupun mengeluarkan bunyi serta ada bagian yang terbakar.

Ciri-Ciri Hardisk Laptop Rusak

1. Performa Laptop Lambat

Ciri-ciri hardisk yang rusak bisa anda kenali dengan performa atau kecepatan laptop dari membuka sebuah file mengalami kinerja yang lambat, ciri ciri ini adalah sebuah peringatan dini bahwa hardisk pada laptop anda mengalami permasalahan. Umumnya kasus ini bisa anda temukan saat anda membuka ataupun menjalankan sebuah file dan juga bisa anda rasakan saat ingin memasuki windows.

Apabila memang yang anda rasakan seperti diatas, segera lakukan pengecekan pada hardisk kamu.

2. Bunyi Aneh pada Hardisk

Ciri-ciri hardisk rusak selanjutnya adalah ada bunyi aneh pada laptop anda ataupun pada perangkat PC anda. Sebagai pengguna pasti kalian akan merasakan sebuah keanehan jika PC ataupun laptop anda mengeluarkan bunyi yang aneh secara tiba-tiba. Apabila mendengar bunyi tersebut saat laptop anda hidup maka kemungkinan hardisk pada laptop anda mengalami masalah, segeralah mematikan perangkat anda dan melakukan pengecekan pada hardisk anda sebelum laptop anda mati total. Berdasarkan pengalaman dari admin sendiri bunyi yang dikeluarkan atau ciri-ciri hardisk yang rusak akan mengeluarkan bunyi seperti tit..tit..tit

3. File Mengalami Kerusakan

Jika file anda mengalami kerusakan secara tiba-tiba padahal kamu tidak melakukan apa-apa termasuk ciri-ciri hardisk laptop rusak, Mungkin sebagian orang mengira bahwa data atau file yang tidak bisa diakses diakibatkan oleh sebuah virus. Padahal file rusak akibat dari hardisk yang mulai mengalami kerusakan.

4. Sering Blue Screen

BlueScreen Pada Laptop

Blue screen merupakan salah satu penyakit yang menakutkan pada laptop dan komputer, blue screen muncul disebabkan oleh hardisk yang rusak dan akan timbul layar biru pada komputer anda. Sebenarnya Blue screen juga bisa muncul diakibatkan adanya virus ataupun program dalam sistem operasi windows yang error.

Untuk mengetahui apakah hardisk rusak atau tidak coba jalankan perintah safe mode, jika dalam safe mode PC ataupun laptop berjalan dengan wajar artinya PC anda karena mengalami virus ataupun program yang error.

5. Hardisk Overheat

Hardisk Overheat

Ciri-ciri hardisk laptop rusak bisa anda temui pada hardisk yang mengalami overheat sehingga menyebakan lemot. Jika dibiarkan lebih lama pc ataupun laptop anda bisa restart sendiri akibat dari suhu yang terlalu panas dan membutuhkan waktu yang lama saat proses booting.

Penyebab Hardisk Laptop Rusak

Penyebab hardisk laptop rusak ini bisa anda gunakan untuk mengantisipasi agar hardisk yang anda gunakan bisa bertahan lama dan awet.

Usia Hardisk

Setiap benda memiliki masa waktunya sendiri tanpa terkecuali. Ketika laptop anda tidak berkerja dengan maksimal dan sering lemot dan setelah install ulang windows tapi tidak menyelesaikan masalah, maka kalian bisa mempertimbangkan untuk mengganti hardisk yang baru.

Penggunaan yang Berlebihan

Laptop atau PC yang digunakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama akan membuat komponen yang ada didalam akan cepat rusak ini berlaku bukan hanya hardisk melainkan berbagai jenis perangkat. Setiap perangkat yang terdapat didalam laptop ataupun PC membutuhkan waktu istirahat sama halnya seperti manusia.

Daya Listrik Tidak Stabil

Daya listrik yang tidak stabil juga bisa membuat perangkat pc ataupun laptop anda mengalami kerusakan apabila terjadi secara terus menerus. Termasuk hardisk karena dengan memiliki arus listrik yang tidak stabil ini membuat piringan hardisk berputar dengan kecepatan yang tidak stabil.

Perangkat Sering Mati Mendadak

Pasti dari kalian yang banyak melakukan hal seperti mematikan laptop atau pc anda dengan memencet tombol power dengan menahan agak lama sampai laptop atau pc mati. Cara itu merupakan hal yang tidak boleh kalian lakukan, ini dikarenakan hardisk berputar 10.000 putaran per menit ini secara tiba-tiba langsung berhenti. Hal ini yang mengakibatkan hardisk bermasalah, ini bukan hanya berlaku untuk hardisk melainkan semua jenis perangkat yang terdapat dalam PC ataupun Laptop. Jadi jangan pernah menggunakan cara ini ya guys, Microsoft sengaja menciptkan perintah shutdown yang berguna untuk mematikan perangkat anda secara normal.

Cara Memperbaiki Hardisk Laptop Rusak

Apabila Hardisk kamu bermasalah kamu bisa mencabut hardisk yang bermasalah dan coba untuk menyambungkan dengan laptop ataupun pc lain yang masih berjalan dengan normal

Jalankan yang namanya fitur Check Disk pada windows untuk mencari kesalahan seperti file rusak dan bad sector yang bisa menyebabkan masalah. Cara diatas belom menyembuhkan hardisk kamu tapi bisa sedikit membantu untuk melakukan backup data sehingga data atau file penting bisa aman.

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan format hardisk dari awal seperti install ulang windows. Siapa tahu dengan begini hardisk anda bisa berjalan layaknya normal kembali.

Setelah berhasil melakukan formal ulang, gunakan aplikasi Acronis Drive monitor untuk membantu mengecek hardisk anda. Apabila hardisk kamu bisa normal kembali, berarti yang rusak hanya softwarenya saja. Akan tetapi jika sudah melakukan pengecekan dan hardisk anda tidak berfungsi dengan normal maka sudah dipatikan bahwa hardisk anda tidak bisa diperbaiki dan hrus memberi perangkat yang baru.