Windows 11 Sudah Resmi Dirilis Secara Virtual, Yuk Simak Perubahannya

Windows 11

Windows 11 akhirnya resmi dirilis secara virtual pada tanggal 25 Juni setelah begitu banyaknya rumor ataupun bocoran tentang keluarnya Windows 11 ini. Banyak sekali pembaruan yang bisa anda temukan dengan sistem operasi yang paling populer di kalangan PC dimulai dari desain antarmuka atau yang bisa kita kenal dengan sebutan User Interface yang lebih bagus dan bersih, terdapat pembaruan pada bagian fitur manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja serta dukungan sistem operasi untuk Android. Perubahan ini bisa langsung anda liat pada bagian antarmuka.

Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada bagian taskbar dan menu start, menu ini tidak lagi terdapat pada bagian sebelah kiri bawah pada umumnya. Sekarang ini Microsoft sudah menggesernya ke bagian tengah yang jika dilihat mirip dengan sistem operasi pada MacOS. Keuntungannya terlihat menjadi lebih bersih, untuk aplikasi seperti jam, koneksi dan baterai bisa kalian temukan pada bagian sisi kanan taskbar. Menu start dan aplikasi yang kamu pinned dan beberapa aplikasi yang sudah direkomendasi akan berada pada bagian sisi atas. Pada menu ini kalian bisa melakukan settingan profil dan juga mematikan komputer anda. Microsoft juga mengubah tampilan jendela tugas yang sudutnya agak sedikit membulat jadi kelihatannya agak sedikit eksklusif.

Taskbar Windows 11

Keuntungan Menggunakan Windows 11

Untuk tema pada Windows 11 ini lebih sedikit transparan serta memiliki nuansa yang lebih tenang dan lembut. Perubahan ini cukup membuat User Interface ini semakin naik, Microsoft juga memperkenalkan fitur Snap Layout, Snap Group dan Dekstop untuk mempermudah para pengguna mengatur lebih banyak jendela agar bisa lebih cepat untuk mengaksesnya. Ketika kamu sedang melakukan multitasking di Windows 11, saat menggunakan aplikasi video, Teams langsung bisa anda temukan di taskbar sehingga membuat para pengguna lebih cepat menemukannya.

Windows 11 juga sudah mendukung perangkat yang menggunakan touch screen, sistem akan langsung mendeteksi perangkat yang menggunakan touchscreen seperti tablet jadinya tampilan layoutnya akan berubah. Pengetikan teks serta suaranya juga ditingkatkan serta juga sudah disediakan fitur mode pengetikan satu tangan. Buat pengguna yang menggunakan pensil Stylus, juga mendapatkan dukungan khusus untuk beberapa model tertentu. Buat kalian para gamer, Microsoft juga menyediakan fitur auto HDR yang berasal dari konsol XBOX Series dan pastinya kompatibel dengan output HDR bahkan buat kalian yang bermain game yang tidak mendukung fitur HDR.

Fitur Yang Dihadirkan Oleh Microsoft

Microsoft juga memberikan fitur yang bernama DirectStorage untuk Xbox agar bisa memanfaatkan tempat penyimpanan seperti SSD NVMe untuk mempercepat loading game lebih cepat. Selain itu Game pass juga bisa kalian temukan dengan windows 11 di aplikasi baru Xbox.

Aplikasi Android di Windows

Microsoft juga memberikan suatu kejutan yang membuat orang tercengang karena dengan hadirnya Windows 11 ini kamu sudah bisa menjalankan aplikasi android tanpa harus download emulator lainnya seperti aplikasi bluestack. Ini pertama kalinya Microsoft mengeluarkan fitur tersebut, jadi dengan begitu aplikasi Android anda bisa kamu jalankan di PC anda. Untuk download aplikasi ini kalian bisa lihat di Microsoft Store dan download melalui Amazon App Store, setelah berhasil diunduh maka aplikasi tersebut bisa langsung di Pinned di taskbar.

Microsoft juga sudah berkerja sama dengan Intel yang menggunakan teknologi Intel Bridge agar bisa membuat aplikasi Android berjalan di program x86. Aplikasi Android di Windows 11 ini juga bisa kalian gunakan buat yang menggunakan CPU AMD, Intel dan ARM.

Download Aplikasi Android di Microsoft

Microsoft mengambil langkah untuk bisa bersaing dengan sistem operasi Apple dan Chip M11 yang berasal dari ARM. Perlu kita ketahui bahwa Chip M11 adalah aplikasi iOS yang berjalan di sistem operasi macOS, sementara Microsoft merangkul Android yang dikenal sebagai salah satu pesaing utama iOS.